Ini 3 dampak dirasakan masyarakat akibat melemahnya nilai tukar Rupiah


Judi Bola -  Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) beberapa hari ini bergerak cenderung melemah. Bahkan, nilai tukar nyaris menyentuh level Rp 15.000 per USD atau tingkat terburuk sejak krisis ekonomi 1998 silam.

Pemerintah menyebut, pelemahan nilai tukar Rupiah disebabkan faktor eksternal seperti perang dagang AS - China, membaiknya ekonomi AS sehingga investor menarik Dolar mereka dari dalam negeri dan menanamkannya di Negeri Paman Sam untuk imbal hasil yang lebih tinggi. Selain itu, pelemahan Rupiah juga dipicu krisis di Argentina karena investor khawatir krisis ini bisa menjalar ke negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia.



Namun demikian, pemerintah dan pengusaha menegaskan bahwa kondisi ekonomi RI saat ini berbeda dengan 1998 silam. Bahkan, pengusaha optimis pelemahan Rupiah tidak membahayakan. Bahkan, pengusaha sekaligus mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengatakan, kondisi saat ini seharusnya dimanfaatkan untuk mendongkrak ekspor sebanyak-banyaknya, sebab Rupiah yang bisa didulang akan menjadi lebih besar nilainya.

Apalagi, Indonesia bukan kali pertama menghadapi kondisi Rupiah. Seharusnya kondisi - kondisi di masa lalu dapat dijadikan pengalaman yang berharga dalam menghadapi kondisi serupa.

"Sekarang ini momentum, kejadian sekarang ini kan kalau Rupiah melemah kita sudah mengalami bukan pertama kali sudah mengalami tahun 1997 kita alami. Di samping itu kita juga sudah mengalami devaluasi jadi ini bukan hal yang baru," kata Rachmat dalam sebuah acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9).

Menurutnya, saat ini seharusnya Indonesia bisa memanfaatkan kondisi Rupiah melemah untuk mengeruk untung dengan cara meningkatkan ekspor. "Nah sekarang adalah bagaimana memanfaatkan kalau untuk saya ini peluang sebetulnya sebagai pengusaha ini peluang. Bagaimana kita bisa dorong ekspor kita dari Indonesia," ujarnya.

Terlepas dari itu, pelemahan Rupiah sudah dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Dari ukuran tempe makin kecil, hingga harga produk akan naik. Sbobet






Promo sportbook 20%
Promo bonus deposit 5%
Cashback up to 10%
Bonus referral 2.5% seumur hidup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Ganjalan Pintu Itu Ternyata Meteorit Seharga Rp 1,5 M

Arsenal Kalahkan Chelsea Unai Emery Puas

Keenakan di entot Sampai nggak Sadar – Cerita Sex Terbaru Kisah Seks Dewasa 2018