Kali Item Ditutup Waring, Apa Kabar Pengolah Tinja 'Andalan' Sandiaga?


Judi Bola - Pemprov DKI mengambil jalan pintas menutup Kali Item yang memang berwarna hitam dengan kain waring, yang juga berwarna hitam. Jika ditengok ke belakang, Wagub DKI Sandiaga pernah menjanjikan untuk membersihkan Kali Item dengan alat pengolah tinja kebanggaannya. Apa kabar niat itu kini?

Pernyataan Sandiaga akan membersihkan Kali Item dengan alat pengolah tinja bernama PAL-Andrich Tech System itu dilontarkan 31 Mei lalu. Sandi mengatakan ada instruksi Wapres Jusuf Kalla untuk membersihkan Kali Item.

"Pengolahan air limbah sungai sekarang yang sungai, Kali Item sekarang atas instruksi Pak Wapres salah satunya. Kita akan mencoba sistem yang diperkenalkan oleh PT MJH," kata Sandiaga di kantor BPS DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).



Sandiaga sudah bicara pembersihan Kali Item dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Dia juga mengatakan alat itu ditargetkan digunakan bulan Juli ini.

"Targetnya dalam satu bulan ini kita selesaikan (uji coba mesin, red). Hasil uji coba mesinnya ini cukup bagus ya. Kita berharap hasilnya cukup bagus," terangnya.

Namun kini jalan pintas yang diambil Pemprov DKI, yaitu memasang waring. Pemasangan waring ini, selain untuk menutupi Kali Item yang tak sedap dipandang, juga untuk mengurangi bau tak sedap.

"Di lokasi kita kurangi pencahayaan (dengan waring) sehingga mengurangi evaporasi, harapannya tidak tercium (bau). Bukan hanya menutup tapi juga aroma," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

Anies mengatakan sudah melakukan berbagai macam cara sebelum melakukan pemasangan waring untuk mengurangi bau. Salah satunya adalah meminta pengusaha tahu di sekitar lokasi tidak membuang limbah di kali.


"Pengawasan sudah dilakukan, tetapi, sudah menahun. Saya yang instruksikan (pasang waring) setelah berdiskusi dengan pakar untuk mengurangi penguapan," ucap Anies.

Selain dipasang waring, sekitar Kali Item dipasang tanaman secara vertikal. Hal tersebut untuk mempercantik kawasan Kali yang berada di dekat Wisma Atlet.



Promo sportbook 20%
Promo bonus deposit 5%
Cashback up to 10%
Bonus rollingan 0.7%
Bonus referral 3% seumur hidup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Ganjalan Pintu Itu Ternyata Meteorit Seharga Rp 1,5 M

Arsenal Kalahkan Chelsea Unai Emery Puas

Keenakan di entot Sampai nggak Sadar – Cerita Sex Terbaru Kisah Seks Dewasa 2018