Dolar AS Makin Perkasa, Kadin: Bahaya untuk Industri Olahan


Judi Bola - Dolar Amerika Serikat (AS) masih terus menunjukkan grafik penguatan hingga ke level Rp 14.515. Mengenai hal tersebut, Ketua Koordinator Gas Industri Kadin Ahmad Wijaya menjelaskan kondisi ini sangat bergaya bagi industri olahan.

"Kalau kita lihat ini proses valuta asing yang terus melambung itu berbahaya sekali untuk industri olahan. Industri kita itu impor bahan baku banyak sekali di dalam industri kita. Mulai dari lapisan industri hulu, industri intermediate dan hilir banget," jelas dia kepada wartawan di Coffee Shopping Gran Melia, Jumat (20/7/2018).

Bila ditarik dari rentang awal tahun 2018, laju rupiah terpantau dalam tren pelemahan yang cukup dalam. Awal tahun 2018, dolar AS masih berada di rentang Rp 13.300-13.400.

Dolar AS sempat mencatat level terendah di akhir Februari 2018 pada posisi Rp 13.292.



Ia menjelaskan salah satu cara agar rupiah menguat yaitu dengan cara menggenjot ekspor. Namun kata Ahmad, hal tersebut belum bisa dilakukan karena semua bahan baku olahan Indoensia masih 70% didatangkan dari luar negeri alias impor.

"Apa yang mau diekspor. Kalau bahan baku kita aja semua masih impor. Intinya kita harus benahi dulu industri hulu ini," kata dia.

Hingga saat ini kata Ahmad industri hulu di Indonesia masih saja mengurusi printilan di hilir contohnya seperti distribusi gas LPG. Padahal masalah hulu seperti eksplorasi wilayah baru itu belum dibenahi.

"Misalnya kita mengimpor solar luar bias Padahal di Bontang ada LNG, di Sumatera ada sumber gas alam. Seharusnya itu bisa diolah," kata dia. Sbobet



Promo sportbook 20%
Promo bonus deposit 5%
Cashback up to 10%
Bonus rollingan 0.7%
Bonus referral 3% seumur hidup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Ganjalan Pintu Itu Ternyata Meteorit Seharga Rp 1,5 M

Arsenal Kalahkan Chelsea Unai Emery Puas

Keenakan di entot Sampai nggak Sadar – Cerita Sex Terbaru Kisah Seks Dewasa 2018